Cerita tentang Tahun Baru di Jepang

あけましておめでとうございます!(akemashite omedetou gozaimasu!)

Itu adalah ucapan tahun baru di Jepang yang kira-kira berarti “selamat telah memasuki tahun yang baru”. Saya rasa, banyak dari kita lega dengan berakhirnya tahun 2020 yang betul-betul di luar perkiraan. Dengan vaksin COVID-19 yang sudah mulai berjalan, semoga tahun 2021 bisa menjadi tahun yang lebih baik!

Di akhir tahun 2020 lalu, pemerintah Jepang menghimbau warganya untuk tidak bepergian keluar untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Karena itu, saya dan danna-san pun tidak merencanakan hal istimewa. Lagi pula, tahun baru di Jepang berbeda dibandingkan negara lain. Alih-alih kembang api atau party, tahun baru di sini lebih tenang dan senyap. Banyak orang pulang ke kampung halaman, mirip dengan suasana lebaran di Indonesia.

Tahun ini saya dan danna-san menghabiskan malam tahun baru bersama keluarga di Saitama. Berikut adalah hal-hal yang kami lakukan selama tahun baru 🙂

大掃除(Oosouji)

Oosouji adalah budaya bersih-bersih besar di akhir tahun. Selain membersihkan rumah, biasanya orang-orang juga akan membersihkan bagian-bagian yang biasanya tidak tersentuh. Selain rumah bersih (yey!), melakukan oosouji dipercaya bisa membersihkan hati dan mendatangkan keberuntungan.

Berhubung saya baru saja pindah ke Saitama, sebetulnya tidak banyak hal yang harus dibersihkan (fyuh!) Danna-san pun ikut membantu mem-vacuum dan merangkai kursi kerja WFH saya. Arigatou! ❤

Menghabiskan malam tahun baru di rumah mertua

Setelah selesai bersih-bersih, sekitar pkl 18.00 kami berdua pergi ke rumah orang tua dengan sepeda. Dingin banget bersepeda di bulan Desember! >,<

Kami makan-makan sambil mengenang hal yang terjadi selama tahun 2020. Mulai dari pernikahan saya dan danna-san yang bikin deg-degan karena mepet dengan terjadinya COVID-19, familymoon ke Pulau Komodo, dan lain-lain! Ternyata, banyak juga hal yang terjadi selama 2020.

Kami juga makan 年越し蕎麦 toshikoshi soba, sebuah tradisi untuk makan soba di malam tahun baru supaya panjang umur katanya hehe. Soba buatan okaasan enak banget. Selain itu, tentu saja kita nonton TV sambil makan jeruk! loll. channelnya ganti-ganti antara Kohaku di NHK sama acara komedi kesukaannya danna-san (lupa namanya).

Setelah pergantian tahun, kami pamit pulang ke apartemen.

初詣(Hatsumoude)

Siangnya, kami pergi hatsumoude, alias kunjungan (kuil) pertama di tahun baru. Dibanding ritual keagamaan, ini sebetulnya lebih ke arah tradisi dan budaya di Jepang untuk pergi ke kuil antara tanggal 1–3 Januari bersama teman atau keluarga. Saya sendiri biasanya pergi bersama teman ke kuil-kuil terkenal di Jepang untuk merasakan suasanya heehe.

Tahun ini, kami pergi ke kuil di dekat rumah saja. Kebetulan danna-san juga shooting video Youtube di situ. Kegiatan selama hatsumoude bisa dilihat di sini:

Nonton bioskop tanggal 1 Januari!

Yang satu ini antara penting-penting nggak sih, haha. Nonton bioskop di Jepang itu mahal.. sekitar 1800yen (Rp243.000,-). Tapi, kalau nonton di tanggal 1 setiap bulan, ada harga khusus jadi 1200yen.

Jadilah di tanggal 1 Januari 2021 saya dan danna-san nonton Kimetsu no Yaiba: Infinity Train yang lagi populer di Jepang. Anime ini betul-betul booming nonstop sepanjang tahun 2020! Di mana-mana merchandise-nya bertebaran. Lihat juga videonya di sini:

Kesimpulan

Begitulah kira-kira bagaimana saya dan danna-san menghabiskan hari pertama di tahun 2021! Kalau kamu, di tahun baru ngapain saja?

Yours truly,

ルンナビー

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s